BUMDesa PILAR KEKUANGAN INDONESIA

BUMDesa PILAR KEKUANGAN INDONESIA
Author: Category: Bunga Rampai Publisher: Politeknik Keuangan Negara STAN & Prasetya Mulya Publishing Published: ISBN: 978-602-1571-37-8 Pages: 273 Pages Country: Indonesia Language: Indonesia Dimension: File Size: Read
Description:

Desa menjadi pusat perhatian semua pihak. Sejak lahirnya UU Desa Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, baik pemerintahan, akademisi, politisi, LSM, bahkan pihak yang dahulu memandang sebelah mata terhadap kekuatan desa, kini semua terpikat untuk membicarakan dan berkecimpung dalam program-program pembangunan desa.

Dahulu, desa yang kita kenal menjadi objek pembangunan, saat ini dituntut menjadi subjek pembangunan dan mampu menguatkan pembangunan nasional. Pembangunan desa yang digaungkan bukan hanya sebatas pembangunan infrastruktur belaka, tetapi lebih dari itu pembangunan masyarakat untuk mencapai kemandirian masyarakat desa yang wujudnya pemberdayaan masyarakat desa. Banyak media yang mencoba menggambarkan kondisi desa saat ini dengan berbagai sudut pandang masing-masing. Tak ketinggalan lahirlah buku “BUMDESA PILAR KEKUATAN INDONESIA”.

Buku ini terlahir dari sebuah keinginan sekumpulan akademisi dan praktisi yang kebanyakan tergabung dalam “Forum Akademisi Desa dan BUMDesa” dan diluncurkan dalam acara seminar SEMBADHA 2019 di Politeknik Keuangan Negara STAN, untuk mencoba menggambarkan kondisi desa terkini hingga gagasan untuk masa depan. Para penulis punya harapan agar buku ini mampu menjadi petunjuk bagi para pengelola desa yang masih perlu kisah sukses untuk menentukan arah pembangunan desa. Buku ini menyajikan bahasan mengenai inovasi desa, tata kelola organisasi dan pembangunan desa, serta tak ketinggalan bahasan BUMDesa sebagai isu yang paling hangat diperbincangkan.

Kekuatan cita rasa buku ini adalah bahan dasar yang digunakan dalam rangkaian isinya merupakan inti sari hasil penelitian hingga praktik pengelolaan pembangunan desa melalui program pengabdian kepada masyarakat, namun dikemas dalam tulisan populer agar mudah diterima oleh semua kalangan. Tiap-tiap bahasan ditulis oleh para akademisi-praktisi yang telah bergulat dengan pengelolaan pembangunan desa dari beberapa kampus dan institusi di Indonesia.

Sebagai simpul akhir, saya mengucapkan apresiasi dan terima kasih kepada semua penulis yang telah menyumbangkan karyanya untuk dapat dielaborasikan dalam buku ini. Semoga buku ini menjadi jembatan yang baik antara berbagai pihak, khususnya antara pemerintah dan akademisi-praktisi untuk selalu membentangkan layar bahtera pembangunan desa hingga menuju Desa Sejahtera, sebagaimana yang dicitacitakan dalam UU Nomor 6 Tahun 2014.

Eko Putro Sandjojo, BSEE, M.B.A
Menteri Desa, Pembangungan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia

<< Back