Civitas academica PKN STAN bisa melihat hal yanng berbeda pada bahan ajar yang diterbitkan di tahun 2020 ini. Ya, selain cover yang lebih elegan dan catchy, bahan ajar juga sudah mencantumkan ISBN.

Awal tahun ini, Unit Penerbitan mengurus pencantuman ISBN secara langsung ke Perpustakaan Nasional di Jalan Matraman Raya. Setelah berkonsultasi secara langsung dengan pegawai di sana, akhirnya kami memutuskan bahwa bahan ajar PKN STAN perlu mencantumkan ISBN. Selanjutnya, kami berusaha memenuhi berbagai persyaratan yang diminta dan akhirnya Perpusnas pun menyetujui pemberian ISBN ke Unit Penerbitan PKN STAN.

Apa sih ISBN itu? Apa pula fungsinya? ISBN adalah singkatan dari International Standard Book Number. Angka yang ada pada bagian belakang buku dan kadang menjadi barcode ini adalah sistem identifikasi unik pada setiap buku-buku yang diterbitkan dan mencakup seluruh dunia. Karena fungsinya sebagai alat identifikasi, maka penggunaan ISBN ini tidak bisa sembarangan. Penggunaan ISBN diatur oleh kantor pusat ISBN di Berlin, Jerman. ISBN dapat dibuat melalui permohonan dari lembaga yang ditunjuk oleh pemerintah untuk mengurus ISBN. Di negara kita, Perpustakaan Nasional yang ditunjuk sebagai lembaga yang mengurus ISBN.

Penulis yang ingin menerbitkan buku dengan ISBN mereka harus bekerjasama dengan penerbit buku. Sebab ISBN tidak dapat dibuat oleh perseorangan, sehingga seorang penulis harus menerbitkan naskahnya melalui penerbit yang ditunjuk. Selain itu, pencantuman ISBN juga menjadi sarana promosi bagi penerbit. Hal ini karena informasi pencantuman ISBN disebarluaskan baik oleh Badan Nasional ISBN di Jakarta maupun Badan Internasional ISBN yang berkedudukan di Berlin.

Tidak kalah pentingnya, dengan pencantuman ISBN, secara tidak langsung buku yang Anda tulis disebarluaskan melalui perpustakaan nasional, baik pusat maupun daerah. Hal ini dikarenakan setiap penerbit yang mencantumkan ISBN harus mengirimkan beberapa buku tersebut ke perpustakaan nasional maupun daerah. Ini menjadi kesempatan yang bagus, mengingat perpustakaan merupakan salah satu tempat yang dituju oleh masyarakat untuk mencari informasi dan referensi ilmiah. Dengan demikian, buku kita akan lebih banyak dilihat dan dicari orang.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *